Wednesday, November 5, 2014

Tanggal Merah

Tanggal itu wajar, tanpa hari libur, malah bisa dibilang kejam karena baru sekali ini semenjak kuliah (mungkin dulu pernah tapi gue lupa) kuliah full dari jam 10.30 sampe jam 13.00 lanjut jam 13.00 sampe 15.30. penuh ga pake jeda, Cuma sempet sholat dzuhur doang. Sisanya disuruh jadi pendengar yang baik. Selesai kuliah pusingnya kaya naik Everest gak pake aklimatisasi (ini lebay banget sih tapi gapapa..). tapi… gue seneng ada hari itu.

Sebenernya kuliah yang jam satu itu kemungkinan bolosnya sangat tinggi.. menurut hitung-hitungan gua berdasarkan : (jam kedatangan dosen -  jam keluar dosen kuliah pertama + waktu dosen ketemu dan ngobrol dijalan + bocah yang masih di depan pintu ruang kuliah + kecepatan ngambil tas dan cabut kuliah) gua punya waktu kira-kira 5 menit buat keluar dari pintu itu dan ga masuk lagi. Tapi lagi-lagi semua dikalahin sama kepentingan. Ya emang lagi ada proyek sama temen akhirnya gua merelakan duduk di bangku kesakitan itu dari jam 13.00 sampe 15.30 dengerin dosen yang semangatnya kaya gua naik gunung papandayan pertama kali (semangat banget intinya mah). Tapi lagi-lagi itu ga jadi masalah buat gua, secara gua juga ngobrolin proyek sama temen gua sembari nyatet kuliah juga tapi biar ga blah bloh.. hari itu AC-nya ga nyala, pengep, dosen ceramah panjang lebar (tapi gue nangkep ko apa yang diomongin dosen, ga boong deh). Tapi.. gua tetep ada hari itu..

Alasan gua suka hari itu sebenernya simple tapi prakteknya ngalahin praktikum pengembangan masyarakat. Karena kalo kata Sherlock, gua berhadapan dengan reaksi kimia dalam tubuh yang merusak. suka sama cewe. Emang merusak sih bawaanya pengen nanya nama bapaknya buat ngapalin teks akad nikah. (lah?) atau nanya kerjaan bapaknya biar bisa digombalin (lah?) atau nanya……. Ah udahlah, nanya mulu ntar gua disangka pembantu baru.. by the way itu proyek yang gua omongin sama temen gua dari tadi. Proyek biar bisa kenal sama dia. Tapi orientasi gua suka melenceng, bayanganya soalnya lebih dari sekedar kenal. Dan buat benerin orientasi itu gua butuh keahlian pengendalian diatas pengendalian avatar.. gua harus bisa ngendaliin diri bereaksi berlebihan dari respon dia. Dan itu sulit. Tapi gua tetep seneng ada hari itu..


Pake skenario tingkat dewa buatan temen gua. Gua coba buka pintu-pintu kecil yang tertutup sebelumnya buat kenal sama cewe itu. Batasan-batasan yang gua pikir ga akan pernah gua lewatin ketika gua cuma sebatas ngagumin dia. Garis yang udah gua buat sendiri tepat dibelakang dia. Hari itu gua lewatin dengan tombol ijo buat ngirim sms. Sepanjang sms-an orientasi gua harus bener-bener jelas dan ga boleh melenceng. Karena kalo melenceng akibatnya bisa fatal. Kaya liat hujan meteor, lu udah konsentrasi penuh buat liat hujan meteor, tapi satu detik lu hilang fokus lu udah ngelewatin moment yang harus lu tunggu 365 hari lagi buat liat dia di hari itu. Smsnya udah selesai, kayanya semua ini  belum cukup, kayanya gua masih pengen nanya lagi sama dia, gua masih pengen sekedar ngobrol sama dia. Tapi itulah “ingin”, bagian diri manusia yang ga pernah puas dengan keadaan. Akhirnya gua menang, gua bisa tahan diri gua dari “ingin” gua dan bisa berfikir jernih apa yang gua butuhin. Hari itu gua ngerasa menang sama diri gua sendiri yang bisa lewatin batas yang udah gua buat sendiri dan masih bisa berfikir jernih di lepas batas itu. Buat gua.. hari itu kaya tanggal merah.. hari yang minimal bisa gua nikmatin sendiri saat ini. Dan mungkin saatnya, gua ajak lu ke tanggal merah ini yang tokoh utamanya adalah kita..

No comments:

Post a Comment